Kamis, 10 November 2016

Komparasi Mitsubishi All new Pajero Sport dan All new Fortuner 2016

MITSUBISHI ALL NEW PAJERO
                        VS
TOYOTA ALL NEW FORTUNER

Image result for toyota fortuner vs pajero sport

Assalamualaikum wr.wb. Hai pemirsa Vere's Car Blog's !!!! Kita ketemu lagi pada perjumpaan kali ini dan saya akan mengusahakan agar setiap hari dapat update menulis artikel baru tentang mobil dan komparasinya dengan kompetitor. daripada banyak basa-basi lebih baik kita langsung masuk ke topik kita kali ini yaitu perbandingan antara Mitsubishi All new Pajero dengan Toyota Fortuner.

Mumpung masih banyak yang pingin melihat info kedua SUV ladder frame ini, praktis Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport sekarang bisa beradu satu sama lain, untuk membuktikan kenapa mereka layak dipuji dan kekurangan apa yang bisa bikin konsumen berpikir dua kali. Sebelumnya, mungkin kedua mobil ini sedih karena satu kontestan kuat lain yakni Ford Everest mengalami masalah dengan ATPM-nya di sini.
Kedua mobilnya ya yang sedih, ATPM-nya sih tidak tahu deh. Terus, bagaimana kedua mobil ini menghadapi satu sama lain dengan senjatanya masing-masing? Semuanya saya akan jelaskan dalam tulisan berikut ini! Oh ya, yang kita bahas adalah Fortuner 2.4 G vs Pajero Sport Exceed dan Fortuner 2.4 VRZ vs Pajero Sport Dakar, semuanya yang 4×2, karena saya yakin tipe inilah yang bakal banyak diperhatikan konsumen.
Sebenarnya 2 SUV 4x2 ini cukup tangguh melewati medan yang cukup Berat sekalipun tapi mengingat hanya berkonfigurasi 4x2 saya tidak menyarankan anda untuk membawa mobil ini ke medan yang licin dan berlumpur. Karena pasti akan Overspin di roda belakang dan akan nge-stuck hahaha..... langsung saja ya.

Image result for toyota fortuner vs pajero sport 2016
Bagi mayoritas konsumen Fortuner dan Pajero Sport, mungkin akan mengamini bahwa keduanya punya desain dan gaya yang jauh membaik dibandingkan generasi sebelumnya, tapi harus diakui, Fortuner lebih main aman daripada Pajero Sport. Maksudnya adalah, desain Fortuner tidak punya elemen yang kelewat nyeleneh yang bisa bikin konsumen sangat suka atau malah sangat benci. Kebiasaan Toyota memang, rata-rata desain barunya harus bisa main aman

eksterior toyota fortuner 2016
Maaf ya Autonetmagz!!! Saya adalah pembaca setia anda.
Bahkan tarikan garis yang menonjol di sisi sampingnya itu masih tergolong desain yang menarik tapi masih aman. Di lain sisi, Mitsubishi mendesain Pajero Sport dengan… lebih Furturistik kalau menurut saya Entahlah, sebenarnya kesan futuristiknya sangat berhasil dicuatkan, terutama di mukanya. Tapi kalau melihat mobil ini langsung, bakal sepakat kalau muka depannya memang ganteng, bisa menandingi mukanya Fortuner. Thanks buat dengan desain front bumper Dynamic Shield baru Mitsubishi.

Mitsubishi Pajero Sport baru 2016
Maaf ya Autonetmagz!!! Saya adalah pembaca setia anda.



Lanjut lagi.....
Image result for toyota fortuner vs pajero sport 2016 Indonesia
Ini versi yang sudah ditambahkan Bodykit Lebih Gagah kan?
Tapi kalau sudah melihat belakangnya, siapkan tisu. Lihatlah desain lampu remnya yang bagaikan “Air Mata” itu. Tidak semua orang suka bagian ini, karena memang bukan desain yang bisa diterima seketika dengan mudah. Tapi saya suka desainnya karena desain seperti ini jarang ditemukan ada mobil lain. Bukan tidak mungkin orang yang terjebak kemacetan persis di belakang Pajero Sport baru bakal ngedumel melihat bagian belakangnya (mungkin iri hehehe). Tapi jika anda suka dengan desain ini, maka tidak ada masalah sama sekali. yang penting keduanya jauh membaik daripada para pendahulunya.

Image result for toyota fortuner vs pajero sport 2016 Indonesia
Fortuner Headlight Bi-LED


Lalu kalau fitur di luarnya bagaimana? Persaingannya ketat, contohnya di bagian depan. Fortuner SRZ dan VRZ punya lampu Bi-LED untuk lampu dekat dan jauh, sementara Pajero Sport hanya untuk satu mode saja lampu LED-nya. Bagi pecinta kebersihan lampu mungkin akan memilih Pajero Sport Dakar, karena sudah punya headlamp washer bawaan, bisa membersihkan lampu depan dengan kekuatan mencuci 10 tangan 20 kaki. Setidaknya, keduanya sudah punya foglamp dan LED DRL.
Image result for toyota fortuner vs pajero sport 2016 Indonesia
Kalau Pajero Hanya 1 mode Lampu LED vroh!
Keduanya sama-sama punya pelek 18 inci di varian SRZ, VRZ dan Dakar, sama-sama two tone juga meski beda model. Pilihan ban Fortuner waktu diluncurkan adalah Dunlop dan Bridgestone, sementara Pajero Sport adalah Dunlop dan Toyo. Dari sektor kaki-kaki, Pajero Sport Dakar menang di rem cakram belakang, sementara Fortuner masih teromol di varian mana pun. Akan tetapi, suspensi belakang Fortuner pakai 4-link sementara Pajero Sport 3-link.

Saya juga menyediakan video Review Pajero sport 2016 dan Toyota All new Fortuner





Thanks Autoblitz Videonya.

Spion keduanya sama-sama punya lampu sein, tapi hanya Fortuner yang punya lampu welcome light di tipe tertentu. Keyless entry? Fortuner dan Pajero Sport punya hal itu. Sama halnya dengan roof rail, lampu belakang LED, sensor parkir, side step dan kamera parkir, baik Fortuner VRZ dan Pajero Sport Dakar punya juga hal-hal tadi. Akan tetapi, Pajero Sport Dakar menang atas sebuah sunroof, sementara Fortuner atapnya polos. Yah, setidaknya Fortuner bisa bangga dengan cover serep ban kolongnya karena Pajero Sport tidak punya.
Interior
Kembali, Pajero Sport mau tidak mau harus mengakui kalau Fortuner punya desain dan finishing yang melebihi dirinya. Meski mirip dengan Kijang Innova dan Hilux, saya akui desain interior Fortuner sekarang jauh membaik dari sebelumnya, itu belum termasuk lapisan kulit di beberapa sektor yang masih terlihat mata yang mengangkat kesan mewah. Panel kayu di sekitar tuas transmisinya juga bagus dan tidak terlihat murahan, tapi tetap saja ada plastik keras di beberapa bagian.
Image result for toyota fortuner vs pajero sport 2016 Indonesia interior
Interior Mitsubishi Pajero vs Fortuner kalau Pajero 4x2 tidak ada 4wd switchernya.
Sisi baiknya, baik Fortuner maupun Pajero Sport punya bulit quality jempolan, jok kulit dengan pengaturan elektrik untuk pengemudi (di tipe VRZ dan Dakar), tilt & telescopic steering, MID, kamera parkir, navigasi, dan AC otomatis. Hanya saja AC otomatis pada Fortuner VRZ dikemas dengan bentuk yang lebih mewah daripada milik Pajero Sport, karena milik Pajero desainnya mirip sekali dengan Mitsubishi Mirage. Desain panel instrumen dan head unit Fortuner juga terasa lebih berkelas daripada Pajero Sport.

Sekarang saatnya Pajero Sport bersinar, karena di tipe Dakar, sudah ada rem parkir elektrik dan transmisi otomatis 8 percepatan, kelihatan lebih menggiurkan daripada rem tangan mekanik dan transmisi 6 percepatan otomatis milik Fortuner. Berikutnya, Pajero Sport Dakar punya sunroof, berguna untuk hiburan saat tamasya dan menunjang penampilan mobil 500 jutaan, sementara Fortuner tidak. Yang bisa diandalkan Fortuner untuk membalasnya adalah pilihan mode berkendara antara ECO dan PWR serta cooling box yang tak ada di Pajero Sport.

Fitur Electronic Parking Brake Mitsubishi Pajero Sport baru 2016
Electronic Parking Brake pada Mitsubishi Pajero

Image result for toyota fortuner interior ECO and Power mode 2016
Eco and Power Mode di Toyota Fortuner
Kelihatannya Seri ya? 2 Mobil ini punya fitur canggih di Interiornya

Sebagai penumpang bangku baris kedua, ada cara berbeda yang ditunjukkan Fortuner dan Pajero Sport untuk memanjakan penghuni baris itu. Fortuner lebih mementingkan fasilitas, maka dari itu Fortuner VRZ memiliki roof monitor – meskipun monitornya kurang bagus – untuk penumpang belakang, pengait untuk gantungan, power outlet 12V dan mekanisme sliding di jok baris kedua. Jika ditanya soal ini, Pajero Sport hanya bisa gigit jari, karena itu semua tidak ia miliki, bahkan di tipe Dakar sekalipun.

Lalu, apa yang menjadi kelebihan Pajero Sport di baris kedua dibanding Fortuner? Dengan sangat yakin kami bisa menjawab : ruang. Baik ruang kaki maupun ruang kepala Pajero Sport punya kelegaan yang melebihi Fortuner, terlepas dari absennya fasilitas sliding yang berguna jika penumpang baris ketiga minta legroom lebih. Bergerak di kabin Pajero Sport rasanya lebih mudah daripada di kabin Fortuner. Fitur yang sama untuk keduanya adalah akses one touch tumble untuk baris ketiga, armrestbelakang dengan cup holder serta ventilasi berikut kontrol AC di bagian atap.
Image result for toyota fortuner and Pajero Second row seat
2nd row Toyota Fortuner


Image result for toyota fortuner and Pajero Second row seat
2nd Row mitsubishi Pajero Sport
Tidak banyak yang bisa diceritakan di bangku baris ketiga kedua mobil ini. Di bagian tersebut, keduanya memiliki ventilasi AC, sabuk pengaman, tempat penyimpanan serta power outlet 12 V. Yang bisa ditunjukkan adalah ruang baris ketiga Pajero Sport kembali berjaya atas kelegaannya dibandingkan Fortuner. Jika saya yang punya tinggi 163 cm kepala dan kaki saya tidak mentok di Fortuner, dan kepala dan kaki saya masih punya ruang di Pajero Sport saya memang belum tinggi hehehe... Biarpun begitu, duduk di baris ketiga tetap bukan pilihan yang nyaman sekali di kedua mobil ini.

Bagasi kedua mobil ini nyaris identik, dan keduanya punya metode pelipatan bagasi yang berbeda. Fortuner memilih bangku baris ketiga yang bisa dilipat menyamping seperti Kijang Innova, dan Pajero Sport memilih bangku baris ketiga yang bisa dilipat rata lantai dengan bagasi. Pelipatan keduanya masih tergolong mudah, dan untuk bangku baris keduanya hanya bisa dilipat ke depan saja secara sederhana. Di sini, Fortuner menang fitur bagasi karena pintu bagasinya sudah elektrik sementara Pajero masih pakai otot, tapi kembali Fortuner harus mengakui kalau ruang yang dimiliki Pajero Sport lebih lega, termasuk di bagasi.

Image result for toyota fortuner and Pajero 2016 trunk
Bagasi Toyota Fortuner

Image result for toyota fortuner and Pajero 2016 trunk
Bagasi all New Pajero Sport

Fitur keselamatan kedua mobil ini pun bersaing. Fortuner G dan VRZ punya 3 airbags, lebih banyak daripada Pajero Sport yang hanya 2 di tipe manapun. Meski demikian, fitur keselamatan aktif Pajero Sport Dakar tidak buruk dengan adanya hill start assist, stability control, traction control dan lain sebagainya. Yang Dakar ya, bukan yang Exceed.

Sekilas untuk penumpang sudah kelihatan kesimpulan singkatnya, jika mau yang sajian fiturnya lengkap, ada di Fortuner VRZ, tapi kalau tidak mau sempit-sempitan dan fitur keselamatan aktifnya tersedia dengan layak, Pajero Sport Dakar adalah pilihan bijak.

Mesin
Mesin diesel milik Fortuner baru kini juga baru, berspesifikasi 2.400 cc 4 silinder turbo yang sama dengan Kijang Innova. Karena harus menanggung beban hidup yang lebih berat dari Kijang Innova, maka dari itu tenaga dan torsi mesin ini dinaikkan saat dipasang di Fortuner, mencapai 149 PS dan 400,1 Nm. Dibandingkan dengan mesin Pajero Sport Exceed, jelas Fortuner menang, karena mesin 2.500 cc 4 siliner turbo diesel Pajero Sport Exceed hanya mampu 136 PS dan 324 Nm saja. Apalagi soal transmisi, Fortuner punya 6 percepatan sementara Pajero Sport Exceed hanya 5 percepatan.
Image result for toyota fortuner engine 2016
Mesin Toyota Fortuner 2016
Tapi itu semua berubah saat Pajero Sport Dakar baru menyerang. Mesin baru milik Pajero Sport Dakar bisa membuat Fortuner terkesan lemah syahwat, karena meski spesifikasinya sama seperti Fortuner, 2.400 cc 4 silinder turbo diesel, tenaganya bisa mencapai 181 PS dan torsinya 430 Nm. Jangankan mesin, transmisi Pajero Sport Dakar yang 8 percepatan pun membuat transmisi 6 percepatan Fortuner seolah biasa saja.

Image result for Mesin Mitsubishi Pajero Sport 2016
Mesin Pajero Sport 2016
Kesimpulan
Sebenarnya dengan semua kelebihan dan kekurangan yang ada pada masing-masing kontestan, saya merasa persaingan yang sama kuat, tidak ada yang yang paling bagus maupun peling jelek, semuanya punya fitur keren. Fortuner boleh bangga dengan desainnya yang aman, 3 airbags, interior yang bagus dan ditata lebih baik, fitur pemanja penumpang seperti roof monitor, cooling box, welcome light, pintu bagasi elektrik dan lain-lain. Tapi Fortuner harus fair, karena Pajero Sport Dakar bisa menang di mesin dan transmisi (yang Dakar, bukan yang Exceed), kabin lebih lega, rem parkir elektrik, sunroof, headlamp washer, rem cakram belakang dan lain-lain.
Tapi saya berikan konklusi singkat. Jika budget anda ada sekitar 460 jutaan dan harus memilih antara Fortuner G dan Pajero Sport Exceed, kami merasa Fortuner adalah yang paling pantas dibuatkan SPK-nya. Lain cerita jika anda rela menggelontorkan uang lebih hingga 500 jutaan, karena jika disuruh memilih Fortuner VRZ dan Pajero Sport Dakar, rasanya Pajero Sport Dakar adalah yang paling layak ditebus. Kembali lagi, pilihan ada di tangan dan saldo anda.

tabel komparasi toyota fortuner vs mitsubishi pajero sport
Kalau anda mampu membeli yang 4x4, sekalian saja. karena dengan fitur 4x4 anda dapat menjelajahi berbagai medan, juga mendapat fitur kestabilan serta kenyamanan berkendara lebih. Terima Kasih sampai bertemu di Perjumpaan berikutnya

Rabu, 09 November 2016

Review Spec dan harga Toyota Calya


Image result for toyota calya

Spesifikasi dan Harga Toyota Calya November 2016


             Kancah Toyota dalam menggeluti dunia bisnis otomotif pada segmen roda empat, bisa dibilang sukses. Pasalnya, hampir setiap produk mobil yang diluncurkan pabrikan asal Jepang tersebut selalu digemari oleh calon konsumen dan tak jarang menjadi primadona pada setiap segmennya. Belum lama ini Toyota dikabarkan telah meluncurkan sebuah mobil MPV murah yang diklaim sebagai adik dari Avanza, yaitu Toyota Calya. Mobil besutan Toyota yang dikabarkan diluncurkan resmi pada awal Agustus 2016 tersebut tampaknya bakal hadir untuk melengkapi pasar MPV dengan harga yang terbilang terjangkau. Meskipun demikian, Toyota Calya ini juga dibekali spesifikasi dan beragam fitur menarik. Setelah sebelumnya pecinta otomotif kudu puas melihat tampang dari Toyota Calya dari spyshot-spyshot yang beredar di dunia maya, agenda GIIAS 2016 menjadi bukti nyata dari segala kegagahannya. Selain itu, dipastikan mobil keluarga tujuh penumpang ini dijual di kelas mobil LCGC dan bakal hadir dan siap bersaing melawan mobil MPV lain di segmen tersebut yaitu Datsun GO+ Panca. Bagaimana? Penasaran kan?
         Jika melihat Toyota Calya ini, tampaknya mobil MPV LCGC tersebut memiliki bentuk bodi yang lebih besar sehingga Toyota Calya bisa mengusung 7 orang penumpang dalam kabinnya. Selain itu, desain bodinya juga terbilang cukup simple namun tetap menampilkan kesan yang elegan yang tampak pada lekukan halus di samping bodinya. Di sisi lain, untuk urusan permesinan, Toyota Calya mengusung mesin Dual VVT-I dengan kapasitas 1.197 cc dengan varian sistem transmisi otomatis dan manual sehingga cukup mendukung jika dikendarai dengan bobot 7 penumpang sekaligus. Selain itu, Toyota Calya juga dilengkapi dengan perlengkapan safety yang cukup oke untuk kategori mobil LCGC seperti rem ABS dan Dual SRS Airbag. lebih-lebih, Toyota Calya ini juga hadir dengan beberapa varian, yaitu E MT, G MT, E AT, dan G AT yang setiap varian memiliki harga yang berbeda-beda.
Image result for toyota calya

Sekarang kita akan Membahas tentang spesifikasi dan harga Toyota Calya.
Sektor Eksterior Mengusung Desain Simple Namun Tampilkan Kesan Elegan
          Omong-Omong soal tampilan dari Toyota Calya ini hadir dengan memberikan tampilan dengan gaya yang sederhana namun tak menghilangkan kesan mewahnya. Jika meraba pada tampilan depannya, ada sedikit perbedaan dengan saudara kandungnya, yaitu Toyota Agya. Pada sektor wajahnya, Toyota Calya  ini mengadopsi konsep ‘keen look’ seperti keluarga Toyota yang lain. Lampu depannya dirancang dengan sudut yang tajam bahkan bisa dibilang mirip dengan Toyota Avanza. Lalu, menginjak pada sektor tengahnya, Toyota Calya ini dilengkapi juga dengan grille yang tidak memiliki aksen chrome dengan logo ‘Burung Garuda’ di sektor tengahnya di mana menyambung pada bagian bawahnya yang memiliki lubang udara berbentuk trapesium. Lalu, jika dilihat dari samping, hal yang cukup menonjol dari Toyota Calya ini yaitu bodinya yang terkesan lebih bongsor, terutama tampak pada bodi bagian belakangnya yang terkesan mendapatkan tambahan ruang. Lalu, menginjak pada seperempat bagian akhir dari bodinya, Toyota Calya menampilkan wujud yang hampir memiliki kemiripan dengan GO+ Panca. Hal ini tampak dari desain kaca samping belakangnya. Meskipun demikian, hal yang cukup mengejutkan terletak pada sektor buritannya di mana konfigurasi lampu belakang Toyota Calya ini dirancang yang mirip dengan milik sang Kakak, Toyota All-new Kijang Innova. Lampu belakang berbentuk huruf ‘L’ terbalik dengan reflektor horizontal yang terletak di pintu bagasi. Tampaknya, memang sektor eksterior dari spesifikasi Toyota Calya ini mengusung konsep desain yang cukup simple namun tetap meemberikan tampilan yang elegan.
Image result for toyota calya

Ruang Kabin Luas Mengusung Desain Khas Toyota

Setelah meraba pada sektor eksterior, kita masuk ke dalam ruang kabin dari spesifikasi Toyota Calya. Pada sektor interior dari mobil MPV LCGC ini, Toyota Calya ini hadir dengan gaya desain yang cukup mengagumkan. Pertama, pada dashboardnya tampil dengan gaya rancang yang terkesan simple di mana dashboardnya mengadopsi sistem multi layer dashboard untuk varian yang mewah ini. Tepat dibawah audio tersebut terdapat switch AC yang berada di samping tuas transmisi. Penempatan Tuas transmisi ini sama seperti Daihatsu GranMax dan Luxio dengan tujuan untuk memperbesar ruang. Lalu, menginjak pada bagian kemudinya, terdapat finger rest tepat disamping palang stir dengan logo Toyota di bagian tengahnya. Tepat di bawah logo Toyota bagian setir Toyota Calya, terdapat logo SRS Airbag. Kemudian, di depan kursi penumpang, terdapat ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan beberapa barang. Di bagian atasnya terdapat airbag yang tentunya bersembunyi dibalik dashboard Calya ini. Tak sampai di situ saja, kabin dari Toyota Calya ini memang dirancang lebih luas sehingga bisa menopang hingga 7 penumpang. Pasalnya, pada bangku baris ke 2 dan ke 3 tampak luas dan nyaman. Hal tersebut berkat diusungnya konsep desain bubble head lining, yaitu bentuk atap pilar C yang lebih menggembung ke atas yang dirancang dengan tujuan untuk memberi kenyamanan dudu kepada penumpnag meski atap mobil ini rendah. Selain itu, jika dilihat dari samping, tampak kabin dari bangku yang dimasukkan dalam spesifikasi Toyota Calya ini memiliki warna yang mirip dengan model “kakaknya” Avanza.
Image result for toyota calya
Silahkan Lihat Review Video dibawah ini


Dimensi Lebih Luas Didukung Suspensi Kokoh
Lanjut pada pembahasan berikutnya, saya akan mengulas secara detail mengenai sektor dimensi yang diusung dari spesifikasi Toyota Calya. Langsung saja, Toyota Calya ini memiliki dimensi dengaan panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm, tinggi 1.600 mm dengan jarak sumbu rodanya 2.525 mm. Melihat dimensi yang diusung Toyota Calya tersebut, tampaknya memang mobil garapan Toyota tersebut bakal memiliki dimensi yang lebih luas. Selain itu, Toyota Calya juga memiliki ukuran ground clearance 180 mm sehingga mobil MPV LCGC ini akan mudah dikemudikan di medan yang kurang rata dan banyak bebatuan dengan lancar dan aman. Bahkan, kenyamanan akan semakin bertambah berkat dua jenis suspensi yang terpasang. Pada suspensi depan, Toyota Calya mengusung suspensi MacPherson. Sedangkan, untuk bagian belakangnya mengandalkan Semi Independent Torsion Beam. Kedua suspensi tersebut akan dipasangkan dengan per keong yang akan menjadikan peredamannya lebih lembut dan nyaman. Untuk remnya,  bagian depan dari Toyota Calya ini menggunakan ventilated disc dan di belakang masih menggunakan drum. Terakhir, spesifikasi Toyota Calya ini menggunakan velg alloy 14 inci.
Andalkan Mesin 3NR Hasilkan Performa Maksimal
Setelah kita mengulas sektor eksterior, interior dan dimensi maupun suspensinya, saatnya kita mengulas pada bagian dapur pacu dari spesifikasi Toyota Calya. Mobil garapan pabrikan asal Negeri Bunga Sakura ini, menggendong mesin 3NR yang memiliki kapasitas hingga 1.197 cc dengan 4 silinder. Mesin 4-silinder segaris ini sudah mengusung teknologi Dual VVT-i yang mampu menghasilkan semburan tenaga 88 Ps setiap putaran 6.000 rpm dan mampu mencapai torsi maksimum hingga 11 Kgm pada putaran 4.200 rpm. Dengan berbekal tubuh yang lebih besar dan juga akan menampung bawaan lebih banyak Toyota Calya menurut kabar bakal didukung oleh sistem transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan. Selain itu, untuk konsumsi BBM Toyota Calya seharusnya bisa mencapai 1:20 karena syarat untuk menjadi mobil LCGC yang mendapatkan potongan pajak adalah konsumsi BBM dengan perbandingannya 1:20 yang artinya 1 liter BBM bisa untuk perjalanan 20 Km. Jadi, bisa dikatakan bahwa Toyota Calya ini akan dijamin irit seperti Agya, Ayla, Karimun Wagon R, Brio Satya, Datsun Go+ dan lain-lain yang kesemuanya sudah melalui pengujian tes yang mampu menempuh lebih dari 20 km untuk 1 liter BBM-nya dalam rute bebas hambatan. Sebagai LCGC tentunya spesifikasi Toyota Calya pada bagian ini merupakan idaman bagi para konsumen nantinya.
Dilengkapi Fitur Kenyamanan dan Keselamatan Canggih
Akhirnya, sampailah kita pada pembahasan terakhir dari spesifikasi Toyota Calya di mana pada pembahasan ini, kita akan mengulas fitur-fitur apa saja yang diusung Toyota Calya ini. Pertama, untuk fitur kenyamanannya, Toyota Calya dilengkapi dengan Rear AC Circulator yang mampu menjaga suhu dalam kabin tetap stabil. Lalu, ruang kaki dan kepala juga cukup lebar dengan deretan kursi yang bisa diatur sedemikian rupa serta bisa dilipat sehingga bisa membawa barang yang besar. Selain itu, fitur kenyamanan Toyota Calya ini juga didukung dengan fitur hiburan yang lengkap, seperti audio dan video system hingga port USB untuk mendukung kebutuhan konektivitas gadget. Tak ketinggalan juga, 2 speaker untuk model E dan 4 speaker untuk model G siap memberikan kenyamanan fitur audionya. Di sisi lain, untuk pengemudi terdapat posisi kemudi yang memang dirancang senyaman mungkin sehingga seluruh device mudah diakses dengan mudah. Bahkan, dengan MID Digital yang akan selalu siap memberikan data realtime kendaraan kepada pengemudinya. Menginjak pada fitur keselamatan, Toyota Calya juga dilengkapi dengan Seatbelt 3 point sehingga mampu lebih tepat mengamankan penumpang dan pengemudi dalam hal terjadi rem mendadak. Selain itu, fitur keselamatan Toyota Calya ini juga didukung dengan sistem pengereman canggih di mana untuk varian E, pada rem depan akan mengandalkan rem cakram. Sedangkan, untuk rem belakang masih mengandalkan rem tromol. Sedangkan, untuk varian G sudah menggunakan rem ABS. Tak sampai di situ saja, untuk menunjang keamanan, Toyota Calya ini dilengkapi dengan fitur immobilizer dan remote alarm. Melihat fitur-fitur canggih tersebut, nampaknya memang spesifikasi Toyota Calya ini memang bakal memberikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan kepada pengemudi maupun penumpangnya.
Spesifikasi Toyota Calya
TipeE A/TE M/TG A/TG M/T
Dimensi
Overall Panjang / Length4070
Overall Lebar / Width1655
Overall Tinggi / Height1600
Jarak Poros Roda / Wheelbase2525
Jarak Pijak / Tread (Depan/Front)630
Jarak Pijak / Tread (Belakang / Rear)915
Jarak Terendah / Ground Clearance
Radius Putar / Turning Radius
Berat Kosong / Curb Weight
Sasis
Transmisi / Transmition5-Speed Manual4-Speed Automatic5-Speed Manual4-Speed Automatic
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 1st3.4172.7313.4172.731
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 2nd1.961.5261.961.526
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 3rd1.2511.251
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 4th0.9170.6960.9170.696
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 5th0.7070.707
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 6th
Perbandingan Gigi / Gear Ratio Reverse3.1432.293.1432.29
Perbandingan Gigi / Gear Ratio Final5.0774.8395.0774.839
Suspensi Depan / Front SuspensionMacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer
Suspensi Belakang / Rear SuspensionSemi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring
Rem Depan / Front BrakeVentilated Disc
Rem Belakang / Rear BrakeDrum
Sistem Rem Tambahan / Additional Brake System
Steering GearRack and Pinion
Ukuran Ban / Tires Size175/65R14 Two-Tone Machining Alloy
Mesin
Seri Mesin / Machine Serial3NR
Tipe Mesin / Engine TypeIn-line 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder / Displacement (cc)1197
Diameter x Langkah / Bore X Stroke (mm)72.5 x 72.5
Daya Maksimum / Maximum Output (Ps/rpm)88 / 6,000
Torsi Maksimum / Maximum Torque (Kgm/rpm)11/4200
Sistem Pemasukan Bahan Bakar / Fuel System
Bahan Bakar / Fuel
Kapasitas Tangki / Fuel Capacity (liter)36
Steering (Power Steering)Electronic Power Steering (EPS)
Eksterior
Fog LampYa
Rear Combination LampTidakYa
Interior
Tempat Duduk7-seater
Multi Layer dashboardTidakYa
Combination MeterYa
Front ArmrestYa
Spion ElectricYa
Power Charging StationTidakYa
Keamanan dan Kenyamanan
ImmobilizerYa
Dual SRS AirbagYa
Seat BealtYa, 3 Point
ISOFIXYa
ABSTidakYa
Rear Parking SensorYa
Anti Theft SystemToyota
Rear AC CirculatorYa
One Touch TumbleYa
HeadreastAll

Harga Toyota Calya

Kini saatnya saya akan mengulas secara lengkap mengenai kisaran harga Toyota Calya. Namun, sebelum jauh mengulas masalah harga, saya akan sedikit memberikan kesimpulan dari spesifikasi yang dibahas sebelumnya. Tentu saja, kesimpulan yang Mas Sena buat ini tidak lain bertujuan untuk mengkaji kesesuaian harga Toyota Calya dibandingkan dengan spesifikasinya. Jika dilihat secara kasat mata, memang tampilan dari Toyota Calya ini mengusung bentuk bodi yang bongsor. Selain itu, desain lampu dan grille yang begitu tampak elegan, sangat menggoda calon konsumen. Di sisi lain, pada sektor dapur pacunya, Toyota Calya ini mengandalkan mesin 3NR dengan kapasitas 1.200 cc. Sebagai mobil MPV LCGC, tampaknya sangat wajar jika harga Toyota Calya ini dibanderol dengan nominal yang terjangkau. Lantas, dengan berbagai macam keunggulan spesifikasi tersebut, kira-kira berapa ya harga Toyota Calya ini?
Nah, menariknya harga Toyota Calya ini disebut terbagi dalam dua lini. Pasalnya sumber resmi Toyota mengungkapkan bahwa Toyota Calya ini memang tersedia dalam 2 varian, yaitu model E dan G. Kedua varian Toyota Calya tersebut juga dipastikan mendapatkan pilihan transmisi manual 5-percepatan ataupun otomatis 4-percepatan. Secara performa, sejauh ini tak ada yang mencolok dari kedua varian Toyota Calya tersebut. Dapat dipastikan, adanya varian tersebut hanya akan memengaruhi kelengkapan fiturnya saja dan tentunya akan membuat variabel harga Toyota Calya menjadi cukup signifikan. Sedangkan untuk mesinnya, kedua varian tersebut masih sama memiliki kapasitas 1200 cc. Jadi berapa harganya? Untuk varian E Manual dan E otomatis, dibanderol dengan harga kisaran Rp 132 jutaan – Rp 145 jutaan. Sementara itu, harga Toyota Calya untuk varian G Manual dan G otomatis dibanderol dengan kisaran Rp 138 jutaan – Rp Rp 150 jutaan.
Harga Toyota Calya
TipeHarga
Toyota Calya Tipe E M/TRp. 132.450.000,00
Toyota Calya Tipe E A/TRp. 145.450.000,00
Toyota Calya Tipe G M/TRp. 138.000.000,00
Toyota Calya Tipe G A/TRp. 150.000.000,00
Daftar Harga Mobil Toyota
Catatan : 
  • Harga mobil Toyota Calya diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Toyota Calya
Untuk informasi, harga Toyota Calya tersebut merupakan harga OTR (On The Road) untuk wilayah Jakarta yang dirangkum dari sumber resmi Toyota. Jika dibandingkan dengan spesifikasi yang diusung, tampaknya Toyota Calya memang bakal laris manis di pasaran. Pasalnya, meskipun dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau di kelasnya, spesifikasi dan fitur yang diusung pun juga tak kalah canggih dengan mobil garapan pabrikan lain. Selain itu, meskipun tergolong cukup mahal sebagai mobil LCGC namun pada kenyataannya spesifikasi dan harga Toyota Calya tersebut sudah cocok menyanding status sebagai sebuah kendaraan MPV yang kelasnya berada di atas hatchback Toyota Agya. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya dari mobil terbaru yang diproduksi oleh PT Toyota Astra Motor tersebut. Tentunya hal ini mengingat bahwa pasca diluncurkan pada bulan Agustus pada acara GIIAS 2016, dapat dipastikan fenomena Toyota Calya akan semakin menarik untuk diamati. Tertarik untuk Membeli? Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Toyota Calya yang Saya sajikan. Sekian dan terimakasih. 

Maaf bila ada kesamaan dengan web lain atau kesalahan

Mazda CX-5 Diprediksi Gunakan Turbo Untuk Melawan Honda CR-V

Mazda CX-5 Diprediksi Gunakan Turbo Untuk Melawan Honda CR-V
Mazda CX-5 Diprediksi Gunakan Turbo Untuk Melawan Honda CR-V


Mazda telah mengkonfirmasi akan memperkenalkan generasi terbaru dari Mazda CX-5 di Los Angeles Auto Show 2016 pada November ini. Kemungkinan besar Mazda akan merilis CX-5 yang dipersenjatai mesin baru dan dilengkapi dengan turbo.
Seperti yang diberitakan Indianautosblog (7/11), saat ini Mazda sudah mengaplikasi mesin turbo pada SUV paling premium mereka yaitu CX-9. Dan CX-5 adalah model berikutnya yang dikabarkan akan mendapatkan jantung pacu baru. Selain itu, hal yang memperkuat informasi soal penggunaan mesin turbo pada CX-5 adalah rivalnya yaitu Honda CR-V yang datang dengan mesin turbo 1.500 cc.
Mazda siap perkenalkan generasi CX-5 terbaru pada bulan ini di Los Angeles Auto Show
Saat ini Mazda CX-9 dipersenjatai dengan mesin 2.500 cc empat silinder Sky-Activ-G turbo yang menghasilkan tenaga sebesar 250 dk dan torsi 420 Nm. Namun sepertinya Mazda tidak akan pakai unit yang sama dengan CX-9 mengingat kapasitas tersebut berbanding jauh dengan Honda CR-V yang hanya gunakan mesin 1.500 cc turbo.
Jika melihat mesin Honda CR-V, Honda menggunakan unit yang sama dengan Civic namun hasilkan tenaga yang lebih besar karena mesin ini hasilkan tenaga 190 Hp dengan torsi 243 Nm. Mungkin tenaga yang lebih besar ini untuk bisa mengakomodir bobot CR-V yang jauh lebih berat dibandingkan dengan Civic.
Bisa jadi CX-5 pun akan gunakan mesin yang berada di kisaran kapasitas dan konfigurasi yang sama dengan CR-V, dengan tenaga yang juga tidak jauh berbeda. Kita tunggu saja kehadirannya sebentar lagi di Los Angeles Auto Show bulan ini.

Hmm.. Jadi penasaran. Kapan ya CX-5 Turbo beredar di Indonesia? Silahkan Lihat nanti di halaman saya selanjutnya. sampai ketemu lagi!