Rabu, 23 November 2016

Turbocharger

Gambar terkait
Tomei Turbocharger

Hai Pemirsa Vere's Car Blog's Kita ketemu lagi dalam perjumpaan hari ini, dan kita kali ini akan membahas tentang:
TURBOCHARGER 
Apa sih Turbocharger itu? mungkin sebagian dari anda masih bertanya-tanya, apakah berpengaruh terhadap kinerja mesin? Bentuknya seperti apa? Turbo Charger sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sebuah kompresor pada umumnya yang merupakan alat mekanik yang berfungsi meningkatkan tekanan fluida mampu mampat. Jika dalam pelajaran Mekanikan fluida dan rekayasa mekanika Teknik Mesin alat ini secara prinsip kerja sama dengan Pompa untuk merubah tekanan agar fluida dapat berpindah dari tekanan tinggi ke tekanan rendah, akan tetapi perbedaannya pada Fluida yang di pindahkan berbeda, untuk pompa mengalirkan Fluida berupa cairan sedangkan kompresor untuk memindahkan fluida berupa gas.

Definisi TurboCharger
Turbocharger adalah sebuah kompresor sentrifugal yang mendapat daya dari turbin yang sumber tenaganya berasal dari asap gas buang kendaraan. Biasanya digunakan di mesin pembakaran dalam untuk meningkatkan keluaran tenaga dan efisiensi mesin dengan meningkatkan tekanan udara yang memasuki mesin. 

Kenapa Turbocharger tidak diterapkan di Mesin dengan berbahan bakar bensin?
Karena mesin bensin memiliki rasio putaran yang tinggi oleh karena itu untuk menggunakan turbocharger  rasio kompresi harus direndahkan (agar tidak melewat tekanan kompresi maksimum dan untuk mencegah knocking mesin) yang menurunkan efisiensi mesin ketika beroperasi pada tenaga rendah dan itu merupakan sebuah kerugian di mesin bensin.

Sedangkan kerugian ini tidak ada dalam mesin diesel di turbocharge yang dirancang khusus. Namun, untuk operasi pada ketinggian, pendapatan tenaga dari sebuah turbocharger membuat perbedaan yang jauh dengan keluaran tenaga total dari kedua jenis mesin.

Cara kerja Turbocharger
Gas buang dari mesin mengalir menuju ke pembuangan (muffler) dialihkan menuju sebuah turbin dengan tujuan untuk memutar sudu / baling - baling  turbin yang di hubungkan dengan shaft / poros kompresor.  Kompresor berfungsi menghisap udara dari luar dan meningkatkan tekanan udara kemudian di alirkan menuju intake manifold sehingga udara dalam ruang pembakaran menjadi bertekanan tinggi sehingga kadar udara yang masuki dalam ruang silinder menjadi lebih besar dan daya meningkat.
Seringkali mesin bekerja melebihi kapasitas sehingga kemungkinan terjadi kelebihan kompresi udara oleh karena itu turbocharger di lengkapi dengan pengatur level udara yang masuk.

Jadi pada intinya Turbocharger adalah sebuah instrumen untuk memaksa udara masuk lebih banyak kedalam ruang bakar sehingga daya yang dihasilkan menjadi lebih besar, lebih jelasnya lihat gambar.

Hasil gambar untuk Turbocharger
Keuntungan Turbocharger:
1. Responsif
2. Ekonomis Bahan Bakar
3. Ramah lingkungan
4. Fun (menyenangkan)

Kekurangan Turbocharger
1. Membutuhkan perawatan ekstra terutama pelumasan
2. Menambah berat kendaraan
3. Boros Oli

Kesimpulan : Turbocharger sangat menguntungkan

Tips Perawatan Turbocharger
  • Service secara rutin
  • Menggunakan oli yang direkomendasi 
  • Pilih bengkel yang benar-benar ahli dalam perawatan turbo
  • Periksa setiap kebocoran oli, suara-suara aneh dan getaran yang tidak wajar.
  • Power kurang, suara keras, asap biru atau hitam, kemungkinan mengindikasikan masalah pada mesin, bukan turbo.

Selasa, 22 November 2016

Subaru WRX Sti Indonesia

Hasil gambar untuk Subaru Wrx Sti  IndonesiaHasil gambar untuk Subaru Wrx Sti  Indonesia

SUBARU WRX STi Automatic
Hai Pemirsa Vere's Car Blog's kita ketemu lagi pada perjumpaan kali ini. Dan sekarang saya akan Membahas Subaru WRX STi Bertransmisi otomatis yang nyaman di Indonesia.
Meski secara pabrikan Subaru tak lagi turun secara penuh di ajang reli dunia, tetap saja citra sport Subaru WRX yang jadi Rival dari Mitsubishi Lancer ini selalu melekat. Apalagi tipe STi yang sudah mengalami perbaikan performa lewat tangan dingin Subaru Tecnica International.

Nah, Selama ini kan Subaru WRX STi itu identik dengan transmisi manual 6 percepatan. Namun untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin lebih nyaman, terutama di daerah perkotaan, Subaru pun punya versi otomatis 5 percepatan.

Sebelum Anda meragukan performanya, harus saya ingatkan kalau sejumlah supercar terkenal dunia juga bertransmisi otomatis. Misalnya Bugatti Veyron, Ferrari atau bahkan Lamborghini. Performanya pun tak kalah dengan manual. Bagaimana dengan Subaru?

Yang harus pertama kali dirasakan adalah kenyamanannya di jalan. Tak perlu lagi kaki kiri menginjak pedal kopling keras. Penyaluran tenaga juga halus, membuat pengendaraan di jalan macet bukan masalah sama sekali.
Hasil gambar untuk subaru wrx sti indonesia automatic
SI Drive


Lewat tombol Changer Subaru Intelligent (SI) Drive, Anda bisa memilih 3 mode berkendara. Ketika dimasukkan ke mode Sport#, karakter mesin dan transmisinya berubah makin sporti. Responsnya menjadi lebih sensitif.
Hasil gambar untuk subaru wrx sti boxer engine indonesia automatic
Subaru Boxer 2.499cc
Akselerasi dari mesin 2.457 cc boxer bertenaga 300 dk-nya sungguh positif. Meski tetap terjadi turbo lag, begitu tekanan turbonya terkumpul, WRX Sti akan membuat impresi tersendiri saat berakselerasi. Tenaganya tak pernah habis dan selalu menyenangkan.
Hasil gambar untuk Subaru Wrx Sti AUTOMATIC Indonesia
Transmisi Otomatis
Sayangnya, transmisi otomatis ini memang membuat potensi mesin tak tergali habis. Apalagi di versi matik, torsinya dikurang 57 Nm, Juga tidak ada fitur Paddle Shift. Saat start dari berhenti juga tak ada fitur launch control. Alhasil, mobil berakselerasi dari putaran sangat rendah, membuat figur 0-100 km/jam hanya 7,1 detik. Tetap kencang, tapi bila dibandingkan dengan versi manual yang hanya bermain di angka 5 detikan, hal tersebut bisa membuat anda frustrasi.

Lantas perpindahan giginya lambat. Berbeda dengan mobil sport lain yang memilih transmisi kopling ganda, Subaru masih relatif konvensional. Perpindahan gigi ke bawah memang sangat cepat, tapi ketika memindahkan gigi ke atas terasa lambat untuk ukuran mobil sport. Ini mengurangi keasyikan berkendaranya.

Untunglah Anda tetap akan terhibur dengan pengendaliannya yang luar biasa. Mesin boxer dengan titik gravitasi rendah dengan sistem penggerak Symmetrical AWD membuat mobil ini begitu gesit dan mencengkeram + stabil.

Lalu bentuk bodinya juga menggugah. Bahkan menurut saya eksterior mobil ini tetap lebih cantik dibanding generasi terbaru Impreza. Sayangnya mobil ini belum dilengkapi sayap belakang khas WRX STi.

Konsumsi BBM-nya masih masuk akal sih. Di dalam kota saja WRX masih mampu mencatat 7,9 km/l dan di tol 13,6 km/l. Tidak buruk untuk sebuah mobil bertenaga 300 dk dan 4WD.
SUBARU WRX STi A/T
HargaRp 695 juta
Mesin2.457 cc 4-boxer, 300 dk
Torsi maksimum350 Nm/3.000-6.000 rpm
TransmisiOtomatis 5-speed/4WD
Dimensi (P x L x T)Dimensi (P x L x T)
Wheelbase2.625 mm
Kapasitas tangki/Ban serep60 liter/Space saver
Ground Clearance150 mm
Ukuran banban 245/40 R18
Bobot1.525 kg
PERFORMA
0-100 km/jam7,1 detik
0-60 km/jam3,5 detik
60-80 km/jam1,6 detik*
80-100 km/jam2,0 detik*
100-120 km/jam2,6 detik*
RPM @ 100 km/jam2.250 rpm
Pengereman 100-0 km/jam39,5 meter
Konsumsi BBM dalam kota/tol7,9/13,6 km/l
CO idle/4.000 rpm0/0 %Vol
HC idle/4.000 rpm10/15 ppmVol
Teknologi Cruise Control, Real Time Consumption Indicator, Eco Mode
*=kickdown
FITUR
Airbag/ABS/EBD/BA2/ada/ada/ada
Kontrol traksi/ESPAda/ada
AC climate control/dualzone/double blowerAda/tidak/tidak
CD/MP3/DVD player/cup holderAda/ada/tidak/4
Monitor/USB/Aux-InAda/ada/ada
Tombol audio setir/cruise controlAda/ada
MID/voice commandAda/tidak
Jok elektrik/heater/ECO ModeAda/tidak/ada
Launch control/suspension control Tidak/tidak Keyless entry/alarm/smart key/immobilizerAda/ada/ada/ada
Setir adjustable reach/rakeAda/ada
Headlamp projector/auto leveling/HIDAda/tidak/ada
Spion/pelipat elektrik/foglampAda/ada/ada
Kamera parkir/sensor parkir/hujan/lampuTidak/tidak/tidak/tidak
Auto door-lock/sunroof/pelek alloyTidak/tidak/18 inci


Berikut Videonya:
RIVAL
Mitsubishi Lancer Evolution X

Mesin:  1.998 cc 4-silinder, 290 dk
0-100 km/jam: 5,2 detik
Harga : Rp 1,27 miliar

+ Akselerasi, transmisi kopling ganda, eksterior menarik, jaringan servis
-  Harga luar biasa mahal, tidak ada tipe manual

Senin, 21 November 2016

Review Toyota Land Cruiser 200 Indonesia

Toyota Land Cruiser, The Legend Continous
TLC 200 (Indonesia Version)


Tampilan tetap sporty tanpa menghilangkan kesan The Legendary Off-Roader
 Toyota Land Cruiser 200 4.5 Full Spec
 Mesin : 4.461 cc V8 D-4D
Tenaga maksimum :230 dk/ 3.200 rpm
Torsi maksimum :628 Nm/ 1.800-2.200 rpm
Transmisi  : 6-speed otomatis/Full-Time 4WD
0-100 km/jam : N/A
Konsumsi BBM : N/A
Dimensi (PxLxT) : 4.950 x 1.970 x 1.945 mm
Wheelbase : 2.850 mm
Ground clearance : 225 mm
Ukuran ban : 285/60R18
 Harga : Rp 1,475 miliar
Hai pemirsa Vere’s Car Blog’Tampilan gagah adalah ciri khas Toyota Land Cruiser (TLC). Hal tersebut terpampang pada model facelift ini. Lihat saja cluster lampu depan kokoh dan mewah. Penambahan daytime running light membuatnya kian gaya dan penuh dinamika. Gril besar adalah personifikasi kedewasaan TLC.
                                                                       


Desain bumper depan terlihat baru. Sedikit mengotak namun terkesan kokoh. Stripping bodi bukan kegemaran banyak orang. Ornamen krom melintang pada pintu bagasi menambah unsur kemewahan. Profil lampu belakang anyar dan sedikit sentuhan pada bumper cukup membuatnya terlihat lebih muda.


Masuk ke dalam, bisa dikatakan tidak ada perubahan berarti dari model sebelumnya. Monitor besar nan informatif mendominasi tengah dasbor. Kemudi kokoh dan panel instrumen optitron membuatnya terlihat modern.

TLC versi Full Spec telah dilengkapi sistem berlabel JBL Synthesis. Bermodalkan 14 speaker mengelilingi kabin, suara
yang dihasilkan terdengar merdu.

Sistem audio papan atas racikan JBL
Hasil gambar untuk Land Cruiser 200 Konsol tengah
Model lawas TLC versi Agen Pemegang Merek (APM) fiturnya tidak selengkap versi Importir Umum (IU). Hal ini berlanjut ke model facelift. Seperti pengatur ketinggian suspensi yang tidak ada di model ini, Sayang banget ya. menurut saya fiturnya kurang lengkap. Walau begitu, TLC ini tidak kehilangan ketangguhannya di medan berat.

Dalam kondisi normal, ia sudah dilengkapi penggerak empat roda permanen Alias Full Time 4WD dengan perbandingan gigi tinggi (4H). Jika dibutuhkan, Anda bisa mendapatkan rasio gigi lebih kasar (4L) cukup dengan memuter kenop di sisi kiri kemudi. Gunakanlah 4L di tanjakan curam, dan 4H dipakai saat permukaan licin. Jika ingin mengunci ke empat roda, sebuah tombol disiapkan di sisi kanan pengemudi.

Kelengkapan advanced seperti Crawl Control dengan pilihan 5-speed siap meluncur di medan off-road. Praktis Anda cukup mengatur arah kemudi. Bahkan, keberadaan fitur Turn Assist membuat Anda tidak kesulitan berbelok di tempat terbatas.

Untuk jalan aspal, TLC menyiapkan Vehicle Stability Control untuk menjaga kestabilan saat menikung. Guna menjamin tubuh bongsornya bisa dikendalikan, disediakan Multi-terrain ABS yang juga dapat berfungsi di jalan berlumpur.

TLC versi APM hanya memiliki mesin diesel 1VD-FTV 4.461 cc V8 D-4D bertenaga 230 dk dan torsi 628 Nm. Lontaran torsi maksimal di rentang putaran 1.800-2.200 rpm membuatnya enteng saja mendorong bodi gambot TLC.


Mesin berlimpah torsi dan AC 4-zone adalah salah satu kelebihan TLC

Mengemudikan TLC itu bisa memacu adrenalin kita pemirsa. Sedikit injakan pada pedal gas cukup membuat tubuh Anda terbenam di bangku. Transmisi 6-speed menyajikan sensasi khas mesin bertorsi besar. Walau demikian,  ia tetap sigap berpindah di putaran bawah guna menjaga konsumsi BBM di level terbaik saat mengemudi santai.

Kenyamanan terjaga berkat ayunan suspensi lembut. Imbuhan teknologi Kinetic Dynamic Suspension System (KDSS) menjaga suspensi tetap dapat bekerja maksimal di medan off-road. Mobil tetap dapat keluar dari situasi sulit tanpa mengorbankan kenyamanan.

Jika diperhatikan, tidak terlalu banyak pengembangan pada TLC terbaru. Meski begitu, desainnya tampak lebih segar. Kenyamanan berkendara juga tetap berada di level terbaik. Pun dengan ketangguhan di medan off-road yang tidak berkurang. Dan legenda SUV ini pun akan menjadi penerus TLC sebelumnya. Tertarik untuk meminang Land Cruiser sebagai kendaraan
 Harga : Rp 1,475 miliar
keluarga anda? Silahkan tebus dengan



 RIVAL
 Mercedes Benz GL 500

Mesin: 5.461 cc V8, 388 dk
0-100 km/jam: N/A
Konsumsi BBM : N/A
Harga: Rp 1,999 miliar*
* = harga off-the-road

+ Lebih bertenaga, desain memikat, handling mengasyikkan
-  Fitur, image tidak setangguh TLC, harga
Hasil gambar untuk Mercedes GL 500





FIRST OPINION
Mungkin bagi pemuja Toyota Land Cruiser perubahan besar pada bodi justru akan menurunkan value-nya. Kesan kokoh yang tertanam sejak seri 80 tidak dibiarkan hilang begitu saja. Justru warisan ketangguhan itu yang dipadukan dengan kemewahan dan kenyamanan berkendara.

SEKILAS PANDANG
- Terdapat model Standard sebagai pilihan di bawahnya
- Dianjurkan untuk memakai BBM setara PertaDEX

  


Minggu, 20 November 2016

Free Valve terobosan teknologi mesin baru Koenigsegg

Hasil gambar untuk freevalve camless engine

Hasil gambar untuk freevalve camless engine
Internal Works
Hasil gambar untuk freevalve camless engine
Free valve Engine






Mesin Empat Langkah Tanpa Camshaft? Ini Buktinya! Bahkan Lebih Bertenaga Dan Irit

Hai pemirsa Vere's Car Blog's  Artikel hari ini adalah special edition karena kita akan membahas tentang terobosan teknologi mesin yang revolusioner dari Koenigsegg. FreeValve menyodorkan teknologi camless yang mampu membuat ledakan tenaga namun tetap irit. Ini merupakan Sebuah terobosan baru pada teknologi mesin empat langkah selama ini.
Mungkin ketika anda melihat judul diatas, anda akan berpikir. mesin tanpa camsaft? Emang bisa mesin nyala tanpa camsaft? Jawabannya bisa! Anak perusahaan supercar Koenigsegg, FreeValve membuat perubahan revolusioner dengan memperkenalkan mesin empat langkah tanpa camshaft. Dengan teknologi ini, malah akan tercipta variasi valve timing dan valve lift yang sangat variabel.
FreeValve saat ini dipercaya oleh Qoros, pabrikan asal Cina untuk mengaplikasikan teknologi ini pada mesin bensin empat silinder 1.600 cc turbocharger. 
Hasilnya cukup mencengangkan. Mesin empat siinder dengan kapasitas kecil itu, mampu menghasilkan tenaga 230 dk dan torsi sebesar 320 Nm. Hasil sebesar ini hampir setera dengan output dari mesin Toyota 1JZ-GTE, 6 silinder 2.500 cc, itupun sudah dibantu dengan turbocharger! 
Bagaimana jika dibandingkan dengan mesin berkapasitas sama dengan turbocharger?
Mesin camless ini menghasilkan daya 47% lebih besar, dengan torsi 45 % lebih besar. Namun demikian pemakaian bahan bakarnya justru lebih irit 15%. Ukuran mesin bisa di reduce hingga 50%.
"Hal ini merupakan langkah revolusioner yang berhasil kami raih. FreeValve menjadikan mesin efisien, hemat bahan bakar dan tentunya menjanjikan pengurangan emisi CO2," kata bos FreeValve, Christian von Koenigsegg.
Kinerja buka-tutup katup diatur oleh aktuator pneumatik-hidrolik-elektronik, sehingga memiliki valve timing variabel yang tak terhingga. Sistem ini juga memungkinkan untuk 'mematikan' salah satu silinder, ketika bekerja dalam ECO Mode. 
Berkurangnya bobot mesin, juga menjadi faktor penentu mobil menjadi lebih hemat bahan bakar. Karena tak ada perangkat camsahft dan penunjangnya, seperti gigi timing, belt serta bearing dan baut-baut. Beban kerja mesin juga berkurang, karena makin sedikit komponen di dalam mesin yang perlu digerakkan.
Qoros dan FreeValve sekarang ini tengah mengevaluasi teknologi ini untuk dapat dijual dalam secara massal.
Kapan ya? mesin ini diaplikasikan di mobil-mobil di Indonesia? Semoga saja perusahaan-perusahaan kondang seperti Toyota, Honda segera mengaplikasikan teknologi mesin ini di Indonesia. Bahkan kalau bisa membuat versinya yang lebih bagus.
berikut videonya:

Sekian Artikel hari ini. terima kasih karena anda telah menjadi pembaca setia Vere's Car Blog's Sampai ketemu besok!!!!