Senin, 21 November 2016

Review Toyota Land Cruiser 200 Indonesia

Toyota Land Cruiser, The Legend Continous
TLC 200 (Indonesia Version)


Tampilan tetap sporty tanpa menghilangkan kesan The Legendary Off-Roader
 Toyota Land Cruiser 200 4.5 Full Spec
 Mesin : 4.461 cc V8 D-4D
Tenaga maksimum :230 dk/ 3.200 rpm
Torsi maksimum :628 Nm/ 1.800-2.200 rpm
Transmisi  : 6-speed otomatis/Full-Time 4WD
0-100 km/jam : N/A
Konsumsi BBM : N/A
Dimensi (PxLxT) : 4.950 x 1.970 x 1.945 mm
Wheelbase : 2.850 mm
Ground clearance : 225 mm
Ukuran ban : 285/60R18
 Harga : Rp 1,475 miliar
Hai pemirsa Vere’s Car Blog’Tampilan gagah adalah ciri khas Toyota Land Cruiser (TLC). Hal tersebut terpampang pada model facelift ini. Lihat saja cluster lampu depan kokoh dan mewah. Penambahan daytime running light membuatnya kian gaya dan penuh dinamika. Gril besar adalah personifikasi kedewasaan TLC.
                                                                       


Desain bumper depan terlihat baru. Sedikit mengotak namun terkesan kokoh. Stripping bodi bukan kegemaran banyak orang. Ornamen krom melintang pada pintu bagasi menambah unsur kemewahan. Profil lampu belakang anyar dan sedikit sentuhan pada bumper cukup membuatnya terlihat lebih muda.


Masuk ke dalam, bisa dikatakan tidak ada perubahan berarti dari model sebelumnya. Monitor besar nan informatif mendominasi tengah dasbor. Kemudi kokoh dan panel instrumen optitron membuatnya terlihat modern.

TLC versi Full Spec telah dilengkapi sistem berlabel JBL Synthesis. Bermodalkan 14 speaker mengelilingi kabin, suara
yang dihasilkan terdengar merdu.

Sistem audio papan atas racikan JBL
Hasil gambar untuk Land Cruiser 200 Konsol tengah
Model lawas TLC versi Agen Pemegang Merek (APM) fiturnya tidak selengkap versi Importir Umum (IU). Hal ini berlanjut ke model facelift. Seperti pengatur ketinggian suspensi yang tidak ada di model ini, Sayang banget ya. menurut saya fiturnya kurang lengkap. Walau begitu, TLC ini tidak kehilangan ketangguhannya di medan berat.

Dalam kondisi normal, ia sudah dilengkapi penggerak empat roda permanen Alias Full Time 4WD dengan perbandingan gigi tinggi (4H). Jika dibutuhkan, Anda bisa mendapatkan rasio gigi lebih kasar (4L) cukup dengan memuter kenop di sisi kiri kemudi. Gunakanlah 4L di tanjakan curam, dan 4H dipakai saat permukaan licin. Jika ingin mengunci ke empat roda, sebuah tombol disiapkan di sisi kanan pengemudi.

Kelengkapan advanced seperti Crawl Control dengan pilihan 5-speed siap meluncur di medan off-road. Praktis Anda cukup mengatur arah kemudi. Bahkan, keberadaan fitur Turn Assist membuat Anda tidak kesulitan berbelok di tempat terbatas.

Untuk jalan aspal, TLC menyiapkan Vehicle Stability Control untuk menjaga kestabilan saat menikung. Guna menjamin tubuh bongsornya bisa dikendalikan, disediakan Multi-terrain ABS yang juga dapat berfungsi di jalan berlumpur.

TLC versi APM hanya memiliki mesin diesel 1VD-FTV 4.461 cc V8 D-4D bertenaga 230 dk dan torsi 628 Nm. Lontaran torsi maksimal di rentang putaran 1.800-2.200 rpm membuatnya enteng saja mendorong bodi gambot TLC.


Mesin berlimpah torsi dan AC 4-zone adalah salah satu kelebihan TLC

Mengemudikan TLC itu bisa memacu adrenalin kita pemirsa. Sedikit injakan pada pedal gas cukup membuat tubuh Anda terbenam di bangku. Transmisi 6-speed menyajikan sensasi khas mesin bertorsi besar. Walau demikian,  ia tetap sigap berpindah di putaran bawah guna menjaga konsumsi BBM di level terbaik saat mengemudi santai.

Kenyamanan terjaga berkat ayunan suspensi lembut. Imbuhan teknologi Kinetic Dynamic Suspension System (KDSS) menjaga suspensi tetap dapat bekerja maksimal di medan off-road. Mobil tetap dapat keluar dari situasi sulit tanpa mengorbankan kenyamanan.

Jika diperhatikan, tidak terlalu banyak pengembangan pada TLC terbaru. Meski begitu, desainnya tampak lebih segar. Kenyamanan berkendara juga tetap berada di level terbaik. Pun dengan ketangguhan di medan off-road yang tidak berkurang. Dan legenda SUV ini pun akan menjadi penerus TLC sebelumnya. Tertarik untuk meminang Land Cruiser sebagai kendaraan
 Harga : Rp 1,475 miliar
keluarga anda? Silahkan tebus dengan



 RIVAL
 Mercedes Benz GL 500

Mesin: 5.461 cc V8, 388 dk
0-100 km/jam: N/A
Konsumsi BBM : N/A
Harga: Rp 1,999 miliar*
* = harga off-the-road

+ Lebih bertenaga, desain memikat, handling mengasyikkan
-  Fitur, image tidak setangguh TLC, harga
Hasil gambar untuk Mercedes GL 500





FIRST OPINION
Mungkin bagi pemuja Toyota Land Cruiser perubahan besar pada bodi justru akan menurunkan value-nya. Kesan kokoh yang tertanam sejak seri 80 tidak dibiarkan hilang begitu saja. Justru warisan ketangguhan itu yang dipadukan dengan kemewahan dan kenyamanan berkendara.

SEKILAS PANDANG
- Terdapat model Standard sebagai pilihan di bawahnya
- Dianjurkan untuk memakai BBM setara PertaDEX

  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar