Rabu, 16 November 2016

Review Honda Civic Turbo Indonesia

Review Impresi Honda Civic Turbo Terbaru

 Image result for honda civic turbo indonesia

Pada beberapa minggu yang lalu saya diperbolehkan oleh teman saya untuk melihat Honda Civic Turbo milik teman saya dan kata teman saya mobil ini memiliki sesuatu yang menarik. Lalu hal menarik apa yang diberikan Honda untuk salah satu mobil legendarisnya itu?
Meski peminat pasar Medium Sedan saat ini tidak sebergairah dulu, namun bukan berarti para pabrikan tidak menghadirkan sesuatu yang segar. Seperti Honda dengan Civic, kini produk legendaris mereka yang  mengalami perubahan total.

Kita bisa melihat sosok baru dari Civic Turbo ini. Pada eksterior bagian depan terlihat jelas perbedaan dari Civic terbaru dengan versi pendahulunya. Kini ia dibalut lekukan-lekukan tajam sehingga desain bodi terlihat lebih agresif. Dan sepertinya kali ini untuk body-nya mengusung konsep Sedan Fastback seperti di BMW dan Porsche, ia menggunakan headlamp LED sehingga memberikan kesan mewah.

Related image
Sekarang bagian grilnya, Civic terbaru menggunakan desain gril berlapis chrome yang lebih besar dan menyatu dengan headlamp. Pihak Honda pun mengganti desain foglamp yang semula berbentuk oval, kini menjadi bulat.

Penempatan lampu sein samping menjadi perhatian saya. Pihak Honda menaruh lampu sein tersebut berada di atas fender yang berdempetan dengan bagian ujung bamper depan.  Keren kalau menurut saya. Patut di-apresiasi-kan desain penempatan sein samping yang unik ini.

Related image
Beralih ke bagian belakang, Civic memiliki desain kemiringan pilar C yang lebih rendah. Dengan desain pilar C itu, menjadikan Civic terkesan bagai ber-desain coupe/fastback. Tidak hanya itu, pada pintu bagasi pasang little spoiler agar penampilannya lebih gagah.

Tambahan: 0-100 Km/h bisa ditempuh dalam waktu 7 detik. Cukup kencang untuk sebuah Civic Turbo bertransmisi otomatis

Untuk ukuran mobil Turbo, Civic ini termasuk mobil yang friendly acceleration alias tidak terkesan beringas bila kita menginjak pedal gasnya, dan handlingnya pun terasa mantap.
Saya diperkenankan untuk mencobanya sendiri oleh teman saya hanya di sekitar arena komplek metro permata – green lake city karang tengah. Baru kali ini saya sangat bersemangat untuk menyetir sebuah Honda Civic.

Related image
Related image
Balutan warna hitam mendominasi interior sehingga memberi kesan mewah. Kursi yang terasa pas di badan dengan pengaturan elektrik, sebuah cerminan kenyamanan di bagian interior yang dimiliki Civic. Tapi pengaturan elektrik ini hanya ada di driver seat.

Instrument cluster Civic mengalami kemajuan yang signifikan. Karena di sana tersedia layar yang dinamai TFT LCD instrument display untuk memberikan informasi kecepatan kendaraan, putaran mesin, bahkan kontak telepon.

Pengemudi maupun penumpang, kini bisa lebih banyak memainkan fitur yang tersedia di sebuah head unit berukuran 7 inci milik Civic. Salah satunya karena tersedia program Car Play yang dapat memindahkan tampilan gadget Anda ke layar head unit. Sayang hanya gadget dengan sistem operasi iOS yang bisa terhubung.
Uniknya lagi, head unit juga menjadi tempat untuk mengetahui informasi sistem pendingin udara
Bicara soal fitur, dimulai dari remote yang disediakan. Piranti itu tidak hanya berfungsi untuk membuka atau mengunci pintu, tetapi juga bisa untuk menyalakan mesin yang dimilikinya.

Sedangkan fitur kenyamanan yang disediakan, ialah Auto Brake Hold, rear-view camera dengan tiga tampilan yang berbeda dan kamera samping untuk memperluas pandangan, meski hanya di bagian kiri.

Civic Turbo ini menghadirkan dua pilihan mesin, yaitu 1.8 dan 1.5 turbo. Unit 1.5 turbo DOHC berkapasitas 1.498 cc 4-silinder turbo menghasilkan tenaga sebesar 173 dk dan torsi sebesar 220 Nm pada putaran mesin 1.700-5.500 rpm.

Jika dibandingkan mesin pendahulunya 1.8 i-VTEC, jelas saja mesin 1.5 VTEC Turbo lebih bertenaga. Buktinya mesin 1.8 i-VTEC hanya menyajikan tenaga sebesar 141 dk dan torsi puncak 174 Nm pada putaran mesin 4.300 rpm. 
Civic Turbo ini hanya tersedia dalam versi transmisi otomatis CVT dengan paddle shift, memang sih ini bisa menurunkan karakter mesin turbo yang harusnya bisa digeber maksimal. Andai saja Honda menyediakan Civic versi manual, tenaga dan akselerasinya bisa jauh lebih cepat. Walau begitu, transmisi Civic Turbo bisa dibilang cukup responsive dan mobil ini tentunya jadi hemat BBm. Seperti yang sudah dikatakan di reviewnya Om Fitra Eri untuk Otodriver.

FIRST OPINION
Perubahan pada sektor desain, mesin dan fitur menjadi bukti keseriusan Honda dalam menghadirkan Civic terbaru. Kabar baiknya Civic bermesin turbo ini hadir di Indonesia mengingat banyaknya penggemar mobil legendaris ini. Civic Turbi ini benar-benar driver oriented Mobil ini sudah ditunggu-tunggu oleh banyak orang yang melihatnya dari spy shot tapi sayang harganya terlalu mahal untuk sebuah Civic dikarenakan ini masih Indent dari Thailand. Ada rumor mengatakan pihak Astra Honda Motor Indonesia berencana untuk membuat Civic ini menjadi rakitan Lokal alias di Plant Karawang, dan satu lagi. Di Tahun ini juga khususnya di Eropa sudah dirilis Civic Turbo Hatchback. Silahkan Lihat di Google. Saran saya kalau anda membeli mobil ini jangan pakai supir!!! Rasakan sendiri sensasinya.
SEKILAS PANDANG
- Sudah diluncurkan di Thailand dan sudah masuk ke Indonesia
- Tersedia 4 trim, yaitu 1.8 E, 1.8 EL, 1.5 Turbo dan 1.5 Turbo RS (yang masuk ke Indonesia hanya versi 1.5 Turbo)
- Hanya tersedia pilihan transmisi otomatis
 


RIVAL
Toyota Corolla Altis V A/T                                            
Mesin: 1.798 cc 4 silinder, 151 dk
0-100 km/jam: 11,6 detik
Harga: Rp 441,2 juta

+: Pilihan transmisi, akomodasi
-: Tenaga, fitur, desain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar